Pertama pastikan Disk yang sudah kita tambahkan terbaca di OS :

lsbk -l

  • pada gambar di atas terlihat disk sudah terbaca di OS yaitu /dev/sdb dan sudah ada 1 partisi yaitu /dev/sdb1. Perhatikan disk yang terbaca di OS karna tidak selalu /dev/sdb bisa saja /dev/sdc, /dev/sdd dan lain nya. Jadi jangan sampai salah nanti pada saat membuat Partisi.
  • jika disk belum terbaca di OS, dapat menjalankan command dibawah ini :

echo “- – -” > /sys/class/scsi_host/host0/scan
echo “- – -” > /sys/class/scsi_host/host1/scan
echo “- – -” > /sys/class/scsi_host/host2/scan

Hal yang perlu diperhatikan untuk Extend LVM adalah yang pertama kita buat PV ( Physical Volume ) baru, lalu Extend VG ( Virtual Group ) dengan PV yang baru saja kita buat dan yang terakhir adalah Extend LV ( Logical Volume ). Ok langsung saja kita buat Partisi baru pada disk /dev/sdb menggunakan Parted.

Check Partisi pada disk /dev/sdb :

parted /dev/sdb print

Terlihat sudah ada 1 Partisi pada disk /dev/sdb, jika belum ada atau belum pernah melakukan Partisi pada Disk tidak muncul baris Number 1. Perhatikan juga Start, End dan Size nya, jika sudah ada Partisi pada Disk :

Kita akan membuat Partisi baru dengan Size 50GB, tuliskan perintah dibawah ini untuk membuat Partisi baru untuk LVM.

parted -s /dev/sdb mkpart primary 1GB 51GB

Berikan flags LVM pada partisi yang baru saja kita buat :

parted -s /dev/sdb set 2 lvm on

  • Karna sebelumnya sudah ada Partisi untuk LVM pada Disk jadi kita Set 2 LVM ON. Untuk memudahkan kita menentukan START dan END pada Partisi baru kita kunci nya ” SIZE = END – START “
  • Jadi pada contoh diatas saya ingin membuat Partisi Baru dengan Size 50GB, sehingga START nya adalah 1GB yaitu adalah END Unit/Block Partisi Pertama atau /dev/sdb1.
  • Sedangkan END Unit/Block Pada Partisi yang baru atau nantinya disebut /dev/sdb2 yaitu 52GB, Ingat kunci nya adalah SIZE = END – START. Jadi biasanya saya lebihkan beberapa GB atau MB pada partisi yang baru.

Buat PV Baru :

pvcreate /dev/sdb2

  • check dengan perintah pvs, seharusnya /dev/sdb2 akan terlihat.

Extend VG :

vgextend cl /dev/sdb2

  • nama VG yang ingin kita Extend adalah cl, silahkan sesuaikan dengan nama VG yang mau di Extend. Cara melihat VG yang sudah ada dengan perintah vgs.

Extend LV :

lvextend -l +100%FREE /dev/cl/home

  • nama LV yang mau kita Extend adalah home, silahkan sesuaikan dengan nama LV yang mau di Extend. Cara melihat LV yang sudah ada dengan perintah lvs.
  • Sebelum ke langkah berikut nya check terlebih dahulu type yang digunakan oleh filesystem kita dengan perintah df -T, karna type dari filesystem yang saya gunakan adalah xfs, jadi bisa menggunakan perintah xfs_growfs /mountpointfolder. Jika type dari filesystem nya menggunakan ext4, dapat menggunakan perintah mkfs.ext4 /dev/vg_name/lv_name

Scan ulang Mount Point Folder nya :

xfs_growxfs /home

Silahkan check Disk dengan perintah df -h, seharusnya Mount Point Folder /home sudah bertambah Size nya. Silahkan mencoba 🙂